Info Sehat Program Hamil Keluarga

Ciri-Ciri Orang Hamil , Bagaimana Mengetahui Dengan Mudah?

Ciri-ciri orang hamil , Bagaimana Mengetahui Dengan Mudah? Pertanyaan umum yang selalu menghantui pikiran para wanita terlebih bagi mereka yang sangat menginkan kehadiran seorang anak. 

Ciri-Ciri Orang Hamil , Bagaimana Mengetahui Dengan Mudah?
Morning Sicknes-Tanda Saat Hamil Muda

Ciri-Ciri Orang Hamil , Ini Tanda-Tandanya

Adapun tanda maupun ciri wanita hamil tentu sangat bergantung pada usia kehamilan dan sangat bervariasi sehingga tidak dapat juga dijadikan sebagai patokan. Ada yang berat dan bahkan ada yang tidak mempunyai keluhan sama sekali sehingga dianjurkan untuk menggunakan tes lain. Meskipun demikian ada baiknya mengenal tanda kehamilan terlebih dahulu sehingga dapat mengantisipasi dengan dini.

Ciri-Ciri Orang Hamil , Pertama


Adapun ciri-ciri orang hamil pada usia kehamilan 1 minggu itu biasanya ditandai dengan rasa mengidam. Di usia ini, wanita hamil biasanya menginginkan jenis makanan tertentu. Selain itu, terjadi pembesaran payudara begitu juga dengan puting payudara yang berwarna gelap dan besar. Bahkan, tidak sedikit wanita mengalami sakit dan gatal.

Ciri-Ciri Orang Hamil , Kedua


Kemudian ciri lainnya adalah terjadi muntah dan mual akibat perubahan hormon yang terjadi. Mual dan muntah ini sering terjadi di pagi hari di bulan-bulan pertama kehamilan. Itu sebabnya tanda ini disebut “morning sickness” yang bisa saja terjadi sangat akut dan membahayakan kesehatan si calon bayi.

Ciri-Ciri Orang Hamil , Ketiga


Kemudian, di usia subur seorang wanita tidak akan mendapat mestruasi atau haid pada bulan berjalan. Itu sebabnya, seorang wanita yang sudah menikah dan menginginkan kehamilan ada baiknya mencatat siklus menstruasi yang dialami agar dapat mengetahui dengan pasti usia kehamilan dan waktu persalinannya.

Ciri-Ciri Orang Hamil , Kempat


Tanda lainnya atau ciri-ciri orang hamil adalah sering buang air kecil. Hal ini terjadi dikarenakan kandung kencing tertekan oleh rahim yang membesar seiring dengan usia kehamilan. Biasanya, keluhan ini akan berkurang pada kehamilan setelah 12 minggu dan akan muncul kembali setelah kehamilan memasuki usia 28 minggu.

Meskipun demikian, tidak sedikit juga wanita yang tidak memiliki tanda-tanda tersebut sehingga dibutuhkan beberapa pencobaan untuk melakukan tes. Salah satunya adalah melakukan tes urine. Adapun tes ini dapat dilakukan dengan cara membeli alat tersebut di apotik. Dan terakhir, lakukan USG sehingga dokter dapat memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak.

Related : Ciri-Ciri Orang Hamil , Bagaimana Mengetahui Dengan Mudah?

0 Komentar untuk "Ciri-Ciri Orang Hamil , Bagaimana Mengetahui Dengan Mudah?"